Pages

Selasa, 13 Maret 2012

LDKS *MENGGEMBLENG MENTAL DAN JIWA KEPEMIMPINANKU...*

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada 1-2 Oktober 2011 ini merupakan sebuah ajang pembentukan karakter pemimpin yang akan menahkodahi Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMPN 3 Sidoarjo. Tujuan diadakannya kegiatan ini memang sengaja disiapkan bagi pengurus baru agar dapat meningkatkan kinerja OSIS di masa baktinya, periode 2011-2012.

LDKS ini dilaksanakan dengan 2 sub kegiatan inti, yakni pembinaan tentang keorganisasian dan kegiatan outbond. Pembinaan dirasa perlu untuk pengurus baru OSIS Spentigda agar mereka memiliki kemampuan untuk memanajemen seluruh kegiatan OSIS yang telah disusun. Sedangkan kegiatan outbond dilakukan agar para pengurus baru memiliki ketahanan fisik maupun psikis utuk menjalankan roda organisasi yang pastinya akan banyak ditemui masalah-masalah yang melanda di depan. 
Secara simbolis, Bapak Tirto Adi selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Sidoarjo menyerahkan kenang-kenangan sebagai tanda penyerahan sementara siswa-siswi untuk digembleng oleh pembina LDKS. Dengan demikian kegiatan LDKS resmi dibuka dan dilaksanakan selama 2 hari.
Dengan semangat tinggi, para pengurus baru OSIS ini menjalani rutinitasnya untuk belajar mengenai keorganisasian. Bekal-bekal materi yang diberikan oleh pembina LDKS menjadi "asupan" yang setiap hari mereka terima selama kegiatan LDKS berlangsung. 

Ajang debat, penyampaian argumen, kegiatan diskusi dan berkelompok merupakan wahana efektif untuk menumbuhkan ketrampilan dan kepemimpinan yang dimiliki setiap siswa-siswi. Kegiatan dilaksanakan tidak hanya di dalam ruangan namun, siswa-siswi diajak untuk melakukan kegiatan outdoor seperti renungan malam.

Setelah "kenyang menyantap materi-materi LDKS, pada hari kedua, siswa-siswi diajak untuk melakukan kegiatan Outbond disekitar villa. Acara diawali dengan olaharaga dan senam bersama pada pagi hari. Kemudian dilanjutkan dengan games yang telah disiapkan oleh kakak pembina LDKS.
Akhirnya, acara LDKS ini secara resmi ditutup secara langsung oleh Bapak Tirto Adi, sekaligus pengembalian para pengurus OSIS baru dari pembina LDKS kepada sekolah. Semoga banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa tersebut, sehingga akan mampu mendongkrak kinerja dan prestasi OSIS SMPN 3 Sidoarjo.*amien


0 komentar:

Poskan Komentar